3 Level Abstraksi Data

3 Level Abstraksi Data

Pada abstraksi data bayangan mengenai data tidak lagi diperhatikan kondisi sesungguhnya bagaimana suatu data masuk ke database dan disimpan ke dalam sektor mana, tetapi menyangkut secara menyeluruh bagaimana data tersebut dapat diabstraksikan. Kegunaan utama sistem database adalah agar pengguna mampu menyusun suatu pandangan abstraksi dari data tersebut. Database dapat dipandang dari 2 yaitu: sudut pandang pengguna dan perancang database.

 

Pengguna dapat diartikan sebagai orang-orang yang menggunakan database. Sedangkan perancang database adalah orang yang berperan sebagai perancang dan pengelola database. Seorang perancang database memiliki pandangan secara konseptual dan secara fisik. Pandangan  tersebut menunjukkan level pandangan terhadap suatu database. Pandangan terhadap database sering disebut sebagai arsitektur database atau abtraksi database dan terbagi kedalam level fisik, level konseptual, dan level pandangan pengguna.

 

1. Level Fisik (Physical Level)

Level fisik merupakan level abstraksi yang paling rendah menjelaskan secara detail bagaimana data disimpan dan kondisi sebenarnya atau diorganisasikan decara fisik atau aktual.

 

Pada level ini struktur data yang diperlukan gambaran secara rinci yang dibutuhkan oleh system enginner, dan level ini umumnya digunakan oleh para pakar software dan hardware.

 

Physical level sering disebut sebagai level eksternal merupakan bentuk implementasi konseptual, yaitu suatu pandangan perancang yang bekaitan dengan permasalahan teknik penyimpanan data dalam database ke dalam media penyimpanan yang digunakan. Pandangan ini bersifat sangat teknis danlebih berorientasi pada mesin, yaitu berkaitan dengan organisasi berkas database.

 

2. Level Konseptual (Conceptual Level)

Level konseptual merupakan level abstraksi yang lebih rendah dari level logika dan merupakan level abstraksi yang lebih tinggi dari level fisik. Level ini memberikan gambaran tentang data apa yang sebenarnya perlu disimpan dalam database, serta hubungan atay relasi yang terjadi diantara data dari keseluruhan database.

 

Level Conceptual / Global Logical Data juga merupakan suatu pandangan perancang database yang berkaitan dengan data apa yang perlu disimpan dalam database dan penjelasan mengenai hubungan antara data yang satu dengan yang lainnya. Pengguna tidak mempedulikan kerumitan dalam struktur level fisik lagi, pengambaran cukup dengan memakai kotak, garis, dan hubungan secukupnya.

 

3. Level pandangan pengguna

Level pandangan pengguna atau level eksternal merupakan pandangan para pengguna database pada masing-masing pengguna database, sehingga memiliki cara pandang yang berbeda-beda tergantung pada macam data apa saja yang tersedia atau dapat diakases oleh pengguna.

 

Level ini merupakan level abstraksi yang mendeskripsikan bagian tententu dari keseluruhan database secara logika kepada pengguna tentang data yang dibutuhkan. Level ini merupakan level abstraksi data tertinggi yang menggambarkan sebagian saja tentang data yang dapat dilihat dan dipakai dari keseluruhan database. Pengguna tidak perlu tahu bagaimana sebenarnya data-data tersebut tersimpan.   

 

Sekian pembahasan tentang 3 level abstraksi data. Jangan lupa share, siapa tahu tutorial ini bermanfaat untuk teman Anda.

Download EBook Sistem Basis Data PDF

Share:




LAINNYA UNTUK ANDA


Komentar (0)

Leave a Comment