7 Manfaat database

7 Manfaat database

Pada perkembangan teknologi yang bergulir sangat cepat ini siapa yang tidak kenal dengan istilah basis data (database). Database sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang generasi Y dan Z apalagi dikalangan orang IT (Information Technology). Database diciptakan untuk menutupi kelemahan pada sistem berbasis file yang masih banyak terdapat redundansi data dan tingkat inkonsistensi data yang masih sangat tinggi.

 

Berkat perkembangan teknologi juga lah yang membuat software pengolah database bermunculan atau biasa di panggil DBMS (database management system). Seperti MySQL, Ms. Access, SQL Server, PostgreSQL, Oracle, SQLite, MongoDB, MariaDB, dan lainnya.

 

Dengan bermuculannya berbagai macam DBMS dengan keunggulan masing-masing, itu membuktikan bahwa kebutuhan akan database meningkat pesat dan bermanfaat untuk pengelolaan data yang banyak dan kompleks. Lalu apa saja manfaat dari suatu database?

 

Berikut adalah 7 manfaat dari database:

#1. Kecepatan dan kemudahan akses (Speed)

Pemanfaatan database memungkinkan untuk dapat menyimpan, merubah, dan menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

 

#2. Efisiensi ruang penyimpanan (Space)

Efisiensi penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan, karena penekatan jumlah redudansi data, baik dengan sejumlah pengkodean atau dengan membuat tabel-tabel yang saling berhubungan (relational database).

 

#3. Keakuratan (accuracy)

Pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan / batasan (constraint) tipe, domain dan keunikan data dapat diterapkan dalam sebuah database.

 

#4. Ketersediaan (availability)

Dapat memilah data utama / master, transaksi, data histori hingga data kadaluwarsa. Data yang jarang atau tidak digunakan lagi dapat diatur dari sistem database aktif.

 

#5. Kelengkapan (completeness)

Lengkap / tidaknya data dalam sebuah database bersifat relatif. Bila pengguna sudah menganggap sudah lengkap yang lain belum tentu sama.

 

#6. Keamanan (security)

Untuk menentukan siapa saja yang berhak menggunakan database beserta objek-objek di dalamnya dan menentukan jenis-jenis operasi apa saja yang boleh dilakukan.

 

#7. Kebersamaan pengguna (sharebility)

Database dapat digunakan oleh beberapa pengguna dan beberapa lokasi. Database yang dikelola oleh sistem (aplikasi) yang mendukung multiuser dapat memenuhi kebutuhan, akan tetapi harus menghindari inkonsistensi data.

Itulah pembahasan tentang 7 Manfaat database, jangan lupa share siapa tahu artikel ini bermanfaat untuk teman Anda.

Download EBook Sistem Database PDF

Share:




LAINNYA UNTUK ANDA


Komentar (0)

Leave a Comment