Basic decision pada javascript menggunakan node.js

Basic decision pada javascript menggunakan node.js

Hello sahabat programmer, sesuai dengan janji saya sebelumnya. Kali ini saya ingin sharing tutorial tentang basic pemrograman dari javascript. Kenapa basic pemrograman javascript itu penting?. Ya.,dikarenakan node.js menggunakan bahasa pemrograman javascript, jadi bagi teman-teman yang belum mengenal javascript disini saya akan bagikan sedikit tentang basic dari pemrograman javascript.  

 

Sesuai dengan judulnya, disini saya akan membahas tentang basic decision pada javascript. Kenapa decision? Ya, karena decision sangat penting dalam bahasa pemrograman. Kita akan banyak bermain dengan decision dalam membuat suatu aplikasi apapun. Baik berbasis web, desktop, maupun mobile. Dalam arti kata, decision merupakan pengetahuan mutlak yang harus dikuasai oleh setiap programmer.

 

Decision merupakan proses pemecahan masalah dalam bahasa pemrograman yang memiliki kondisi dan aksi. Dengan bantuan decision, kita bisa membuat aksi berdasarkan kondisi tertentu.

 

Dalam bahasa pemrograman javascript decision terbagi menjadi dua jenis yaitu IF dan SWITCH. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama tergantung dari kasus, situasi, dan dari penggunaan yang menurut anda paling mudah. Disini saya akan menjabarkan contoh penggunaan dari decision if dan switch.

 

1. Decision IF

Decision if cenderung membutuhkan operator pembanding dalam mendefinisikan kondisi tertentu sehingga membuat decision menjadi sangat sesitif.

Decision IF sangat cocok digunakan untuk kondisi angka (INTEGER), dan kurang cocok untuk kondisi huruf (STRING).   

 

Ok, langsung masuk ke contoh penggunaan. Silahkan buat sebuat file javascript dengan nama decision_if.js. disini saya meletakkannya pada directory documents/nodejs. Bagi teman-teman yang mengikuti post saya sebelumnya tentang pengenalan dan instalasi node.js pasti sudah tau folder tersebut.

 

Buka file decision_if.js dengan text editor. Disini penulis menggunakan sublime text sebagai text editor. Tetapi saya menyarankan untuk teman-teman yang ingin belajar node js, sebaiknya menggunakan IntelliJ IDEA sebagai text editor, dikarenakan IntelliJ IDEA memberikan kemudahan dalam me-running script yang dibangun menggunakan nodejs.

 

Ok, setelah dibuka lalu ketikan kode javascript berikut:

var kondisi="lapar";

if(kondisi == "lapar"){
        console.log("Anda harus segera makan!");
}else{
        console.log("Tidak melakukan apa-apa");
}

 

Silahkan save dan jalankan script diatas. Jika anda menggunakan text editor IntelliJ IDEA tinggal klik kanan pada text editor dan klik Run decision_if.js. tetapi jika anda menggunakan text editor yang lain seperti sublime text, nodepad++, atau yang lainnya. Silahkan buka command prompt atau terminal. Kemudian masuk ke directory project dengan perintah berikut:

cd documents/nodejs

Setelah masuk ke directory project ketikan perintah berikut untuk menjalankan file decision_if.js.

node decision_if.js

Maka akan tampil hasilnya sebagai berikut:

Anda harus segera makan!

Jika kondisinya diubah menjadi seperti berikut:

var kondisi="haus";

if(kondisi == "lapar"){
        console.log("Anda harus segera makan!");
}else{
        console.log("Tidak melakukan apa-apa");
}

Jika dirunning kembali maka akan tampil hasilnya sebagai berikut:

Tidak melakukan apa-apa

Hal ini disebabkan oleh kondisi yang di set tidak sama dengan variable kondisi. Oleh sebab itu decision if akan menampilkan kondisi else.

 

2. Decision SWITCH

Hampir sama dengan IF. Decision switch memiliki penulisan kode program yang sedikit berbeda. 

Ok, langsung saja buat file javascript dengan nama decision_switch.js pada folder yang sama dengan sebelumnya. Buka dengan text editor lalu ketikan script berikut:

var kondisi="lapar";

switch (kondisi){
        case "lapar":
                console.log("Anda harus makan!");
                break;
        case "haus":
                console.log("Anda harus minum!");
                break;
        default:
                console.log("Anda tidak haus dan tidak lapar");

}

 

Silahkan running script diatas, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:

Anda harus segera makan!

Silahkan ganti nilai pada variabel kondisi untuk memilihat perbedaannya.

 

Sekian dulu tutorial tentang Basic Decision IF dan SWITCH pada node.js. Jika anda merasa tutorial ini bermanfaat silahkan share dan terima kasih telah berkunjung. 

Share:





Komentar (0)

Leave a Comment