Basic looping pada javascript menggunakan node.js

Basic looping pada javascript menggunakan node.js

Hello sahabat programmer, pada kesempatan kali ini penulis ingin melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu basic decision dengan javascript menggunakan node js. Dimana pada tutorial sebelumya kita bisa melihat bahwa desicion sangat penting diketahui oleh programmer. Pengetahuan yang tidak kalah pentingnya bagi programmer adalah looping (perulangan).

 

Looping merupakan metode penyelesaian masalah yang digunakan untuk mengenerate data yang banyak sesuai dengan jumlah looping. Looping sangat diperlukan untuk menampilkan data dari database dengan jumlah yang banyak. Looping juga bayak digunakan dalam membuat counter, nomor urut, kode unik, multiple upload, multiple insert, multiple update, multiple delete, memparsing data dari array dan sebagainya.

 

Pada tutorial kali ini penulis hanya akan memaparkan basic dari penggunaan looping pada javascript menggunakan node.js. penting untuk mengetahui basic ini, dikarenakan Anda dapat mengetahui struktur dan cara kerja dari looping itu sendiri, dengan begitu anda dapat menggunakan konsep dari looping ini untuk kebutuhan yang lebih kompleks.

 

Looping sendiri terbagi menjadi dua yaitu looping for dan looping while. Pada kesempatan ini penulis akan memaparkan bagaimana penggunaan dari kedua looping ini.

 

Ok, langsung saja.

 

Disini penulis menggunakan IntelliJ IDEA sebagai IDEA atau text editor. Seperti yang penulis sarankan pada tuturial sebelumnya. IntelliJ IDEA sangat membantu mempermudah kita dalam me-running script yang kita buat dengan node.js. Bagi Anda yang tidak menggunakan IntelliJ IDEA, tidak masalah asalkan tau bagaimana me-running scriptya.

 

Disini penulis telah membuat sebuah folder di Mydocuments dengan nama nodejs. Bagi anda yang mengikuti tutorial sebelumnya, pasti sudah tau folder tersebut. Selanjutnya saya membuat sebuah folder lagi dengan nama looping yang terdapat dalam folder nodejs. Sehingga struktur folder kita menjadi mydocuments/nodejs/looping.

 

1. Looping FOR

Untuk mengetahui cara kerja dari looping for, ada baiknya kita langsung saja pada contoh.

Pertama-tama buat sebuah javascript file dengan nama looping_for.js dan pastikan file tersebut diletakan pada folder yang telah dibuat sebleumnya. Sehingga strukturnny menjadi seperti ini.

mydocuments/nodejs/looping/looping_for.js

 

Sangat penting untuk mengetahui struktur folder ini, dikeranakan akan membantu mempermudah anda dalam me-running script yang anda buat. terutama jika anda tidak menggunakan intelliJ IDEA.

 

Selanjutnya open file looping_for.js dengan texteditor jika anda tidak menggunakan IntelliJ IDEA, dan ketika script berikut:

var n=10;

for(var i=1; i<=n; i++){
    console.log("Looping ke-"+i);
}

 

Silahkan running script diatas. Jika anda menggunakan IntelliJ IDEA, tinggal klik kanan pada editor dan klik Run looping_for.js. Maka akan terlihat hasilnya seperti berikut:

Looping ke-1
Looping ke-2
Looping ke-3
Looping ke-4
Looping ke-5
Looping ke-6
Looping ke-7
Looping ke-8
Looping ke-9
Looping ke-10 

 

2. Looping WHILE

Untuk mengetahui bagaimana struktur dan cara kerja dari looping while, buat javascript file baru dengan nama looping_while.js dan pastikan file looping_while.js satu folder dengan file looping_for.js.

 

Buka file looping_while.js dengan text editor bagi anda yang tidak menggunakan IntelliJ IDEA, dan ketika script berikut:

 

var i=0;
var n=10;

while(i < n){
    console.log("Looping ke- "+i);
    i++;
}

 

Silahkan running script diatas. Jika anda menggunakan IntelliJ IDEA, tinggal klik kanan pada editor dan klik Run looping_while.js. Maka akan terlihat hasilnya seperti berikut:

Looping ke- 0
Looping ke- 1
Looping ke- 2
Looping ke- 3
Looping ke- 4
Looping ke- 5
Looping ke- 6
Looping ke- 7
Looping ke- 8
Looping ke- 9

 

Ok, sahabat programmer sekian dulu pembahasan tentang looping pada javascript menggunakan node.js. jika anda merasa tutorial ini bermanfaat silahkan share. Siapa tau teman Anda juga membutuhkan tutorial ini.

Share:



Komentar (0)

Leave a Comment