Desain Patern Model-View-Controller (MVC) Pada Codeigniter

Desain Patern Model-View-Controller (MVC) Pada Codeigniter

Codeigniter adalah framework PHP yang dibuat berdasarkan “design pattern” Model-View-Controller atau biasa disingkat MVC.

Design pattern sendiri adalah sekumpulan penjelasan mengenai metode-metode bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang umum ditemui dalam proses perancangan perangkat lunak (software design).

Singkat kata, desain pattern merupakan petunjuk bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah di seputar dunia software design. Tetapi, design pattern bukanlah kumpulan skrip yang sudah jadi, yang dapat segera diterapkan dalam pembuatan aplikasi.

MVC adalah sebuah pendekatan yang ditempuh untuk memisahkan aplikasi menjadi tiga bagian, yaitu Model, View, dan Controller. MVC memberikan struktur kepada aplikasi, sehingga dapat dicapai “code reusability”.

 

1. Model, merepresentasikan data yang digunakan aplikasi. Contoh data misalnya database, RSS, atau data yang diperoleh dari pemanggilan API, dan aksi yang melibatkan operasi Create, Read, Update, dan Delete (CRUD) data.  

 

2. View, adalah informasi yang ditampilakan kepada user melalui browser. Biasanya berupa file HTML atau kode PHP yang menyusun template untuk sebuah website.

Pada Codeigniter, view dapat berupa bagian-bagian sebuah halaman, template, atau jenis lain dari halaman atau template.

 

3. Controller, adalah “business logic” bertugas sebagai jembatan antara model dan view. Controller akan merespon HTTP request yang datang dari user (melalui browser), dari request ini Controller akan menetukan apa yang harus dilakukan.

Jika diperlukan, Controller akan memanggil view yang sesuai untuk menampilkan data hasil olahan Model dan akhirnya mengirim kembali halaman hasil olah data itu ke browser.

Lalu bagaimana cara menerapkan pemrograman MVC pada Codeigniter? Apa bedanya dengan pemrograman yang biasa? Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah melalui contoh.

-Thank You

-M Fikri Setiadi

Share:




LAINNYA UNTUK ANDA


Komentar (0)

Leave a Comment