Instalasi Codeigniter

Instalasi Codeigniter

Framework Codeigniter dapat diunduh (download) dari situs resminya: www.codeigniter.com.

Disini penulis menggunakan Codeigniter versi 2.2.6 sedangkan versi terbarunya sekarang adalah versi 3.0 keatas. Anda dapat mengunjungi situs resmi Codeigniter secara berkala untuk memeriksa versi terbarunya.

Kenapa menggunakan versi 2.2.6? kenapa tidak menggunakan versi terbarunya saja? Jawabannya karena penulis sulit move on dari yang lama..hehe.

Becanda, penulis menggunakan versi 2.2.6 karena versi tersebut telah dinobatkan sebagai versi stable dari dan masih menggunakan default DBMS (database management system) yaitu MySQL.

Sedangkan untuk versi 3.0 keatas dianjurkan menggunakan MySQLi dan juga PHP versi terbaru, sedangkan kita membuat aplikasi untuk public dan kita tidak tahu apakah browser yang digunakan publik sudah upgrade atau belum.

Nah, untuk mengurangi kemingkinan masalah browser tidak mendukung ada baiknya kita gunakan versi 2.2.6.

Instalasi Codeigniter sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengekstrak file paket framework yang diunduh ke direktori C:\wamp\www jika anda menggunakan Wampserver atau C:\xampp\htdocs jika Anda menggunakan XAMPP sebagai web server.

Nah, disini penulis menggunakan Wampserver jadi penulis mengextract file paket codeigniter kedalam folder C:\wamp\www sehingga didalam folder www terdapat folder Codeigniter-2.2.6 yang sudah diekstrak.

Agar mudah dibaca, Anda dapat mengubah folder Codeigniter-2.2.6 menjadi nama project yang sedang anda kerjakan misalnya penulis sedang mengerjakan project “coba” berarti penulis mengganti nama folder Codeigniter-2.2.6 menjadi “coba” (tanpa kutip).

Untuk memeriksa apakah codeigniter sudah terpasang dengan benar atau belum, Anda dapat menjalankan web browser, lalu tuliskan alamat berikut:

http://localhost/coba/

Jika semua berjalan dengan baik, seharusnya Anda mendapatkan tampilan seperti gambar diatas.      

-Thank you

Share:



Komentar (0)

Leave a Comment