Pengenalan Codeigniter

Pengenalan Codeigniter

Hi guys, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang framework php yaitu codeigniter.

Apa itu codeigniter?

Kenapa harus codeigniter?

Apa bedanya dengan php native?.

Check it out!

Codeigniter merupakan suatu Web Application Framework (WAF) yang dirancang khusus untuk mempermudah para developer web dalam mengembangkan apilkasi berbasis web.

Codeigniter berisi kumpulan kode berupa pustaka (library) dan alat (tools) yang dipadukan sedemikian rupa menjadi suatu kerangka kerja (framework).

Codeigniter adalah framework web untuk bahasa pemrograman PHP, yang dibuat oleh Rick Ellis pada tahun 2006, penemu dan pendiri EllisLab (www.ellislab.com).

EllisLab adalah tim kerja yang berdiri pada tahun 2002 dan bergerak di bidang pembuatan software dan tool untuk para pengembang web.

Sejak tahun 2014 sampai sekarang, EllisLab telah menyerahkan hak kepemilikan Codeigniter ke British Columbia Institute of Technology (BCIT) untuk proses pengembangan lebih lanjut.

Saat ini, situs web resmi dari Codeigniter telah berubah dari www.ellislab.com menjadi www.codeigniter.com.

Codeigniter memiliki banyak fitur (fasilitas) yang membantu pada pengembang PHP untuk dapat membuat aplikasi web secara mudah dan cepat.

Dibandingkan dengan framework web PHP lainnya, harus diakui bahwa Codeigniter memiliki desain yang lebih sederhana dan bersifat fleksibel (tidak kaku).

Codeigniter mengizinkan para pengembang untuk menggunakan framework secara parsial atau secara keseluruhan.

Ini berarti bahwa codeigniter masih memberi kebebasan kepada pengembang untuk menulis bagian-bagian kode tertentu di dalam aplikasi menggunakan cara konvensional (tanpa framework).

Codeigniter menganut pola desain atau arsitektur Model-View-Controller (MVC), yang memisahkan bagian kode untuk penanganan proses bisnis dengan bagian kode untuk keperluan presentasi (tampilan).

Pembahasan lebih lanjut tentang MVC klik disini.

Dengan menggunakan pola desain ini, memungkin para pengembang web untuk mengerjakan aplikasi berbasis web secara bersama (teamwork).

Dengan begitu para pengembang web lebih bisa berfokus pada bagiannya masing-masing tanpa mengganggu bagian yang lain. Sehingga aplikasi yang dibangun akan selesai lebih cepat.   

Sekian dulu pembahasan tentang Codeigniter, semoga sahabat mfikri.com dapat memahaminya dengan baik. berikutnya kita akan membahas kenapa kita perlu belajar membuat aplikasi berbasis web menggunakan codeigniter.

-Thank you

Share:




LAINNYA UNTUK ANDA


Komentar (0)

Leave a Comment