Beberapa keunggulan Codeigniter

Beberapa keunggulan Codeigniter

Hi guys, banyak yang bertanya apa sich keunggulan codeigniter?. Hmmm.., Sebelum saya jawab ada baiknya Anda mengenal dulu apa itu codeigniter. Jika Anda belum kenal dengan codeigniter, saya sarankan Anda untuk berkenalan dulu dengan codeigniter sekarang juga. Untuk berkenalan dengan codeigniter lihat tutorial saya sebelumnya “Pengenalan Codeigniter”.

 

Ok, sekarang saya anggap Anda telah melihat tutorial saya sebelumnya pengenalan codeigniter dan sudah berkenalan dengan codeigniter. Sekarang mari saya jelaskan apa saja yang menjadi keunggulan codeigniter.

 

Check it out!

 

Codeigniter merupakan sebuah toolkit yang ditujukan untuk orang yang ingin membangun aplikasi berbasis web dalam bahasa pemrograman PHP. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Codeigniter adalah sebagai berikut:

 

- Codeigniter adalah framework PHP yang bersifat open-source.

 

- Codeigniter memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan framework lain. Setelah proses intalasi, framework Codeigniter hanya berukuran kurang lebih 2 MB (tanpa dokumentasi atau jika user_guide dihapus).

 

- Aplikasi yang dibuat menggunakan codeigniter bisa bejalan cepat.

 

- Codeigniter menggunakan pola desain Model-View-Controller (MVC) sehingga satu file tidak terlalu berisi banyak kode. Hal ini menjadikan kode lebih mudah dibaca, dipahami, dan dipelihara di kemudian hari.

 

- Codeigniter dapat diperluas sesuai dengan kebutuhan.

 

- Codeigniter terdokumentasi dengan baik informasi tentang pustaka kelas (Library) dan fungsi yang disediakan oleh codeigniter dapat diperoleh melalui dokumentasi yang disertakan di dalam paket distribusinya.

 

- Codeigniter memiliki library dan helper yang lengkap.

 

- Codeigniter memiliki security yang handal seperti xss filtering, session encryption, dan lain-lain.

 

- Codeigniter mengizinkan pengembang web menggunakan library atau helper yang tidak disediakan oleh codeigniter seperti: Google Map API, Facebook API, fpdf, dan lain sebagainya.

 

- Codeigniter bersifat tidak kaku. sehingga memberikan kebebasan kepada developer web untuk mengembangkan aplikasi berbasis web bahkan tanpa framework.

 

- Codeigniter memiliki komunitas yang besar dan tersebar di seluruh dunia, sehingga memudahkan para pengembang web untuk memecahkan permasalahan (problem solving) yang dihadapi para pengembang web di saat mengembangkan aplikasi berbasis web.

 

- Codeigniter mendukung banyak RDBMS (Relational Database Management System) seperti MySQL, MySQLi, SQL Server, Oracle, Maria DB, PostgreSQL, SQLite, dan lain sebagainya.   

 

- Codeigniter pada dasarnya menganut Clean URL dan mendukung SEO (Search Engine Optimazation). Sehingga setiap aplikasi yang dibangun menggunakan codeigniter lebih mudah di index oleh search engine populer seperti google, yahoo, msn, dan lain sebagainya.

 

Ok guys, sekian dulu penjelasan tentang keunggulan codeigniter. Saya harap Anda dapat memahaminya dengan baik. Jika ada yang masih bingung dengan penjelasan diatas silahkan submit komentar dibawah ini!

 

-Thank You

Share:




LAINNYA UNTUK ANDA


Komentar (1)

Bachtiar, 26 April 2018 11:28 - Reply

gan fikri mau tanya, untuk penggunaan CI dan mysql itu harus kah berkesinambungan? misalnya saya pakek seri CI 3.1 dan MYSQL versi lama apakah berpengaruh? dan disourcode agan itu kompetibel CI berpa dan MYSQL versi brpa? mhon infonya..

Leave a Comment