Pengenalan dan Instalasi Node.js

Pengenalan dan Instalasi Node.js

Hi sahabat programmer, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.!. :). Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang node.js untuk pemula. BTW saya juga pemula di node.js hehee. Jadi saya disini bukan mengajarkan teman-teman tentang node js, akan tetapi lebih tepatnya sharing tentang node.js. 

 

Jadi apa itu node.js?

 

Node.js merupakan platform yang sangat banyak dibicarakan oleh web developer saat ini. Node.js sendiri adalah platform berbasis javascript yang berfungsi untuk dieksekusi di sisi server (server side). Selama ini kita mengetahui bahasa untuk server side adalah PHP, sekarang ada node.js yang bisa dieksekusi disisi server menggunakan bahasa javascript. 

 

Kenapa harus menggunakan node.js?

 

Node.js sangat bagus untuk membuat aplikasi berbasis web yang super sibuk. Node.js juga sangat bagus digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web yang datanya real-time. Node.js akan membuat aplikasi berbasis web menjadi lebih cepat dan ringan, dikarenakan node.js menggunakan teknik non-blocking. 

 

Apa itu tenik non-blocking?

 

Non-blocking merupakan metode yang digunakan oleh nodejs dalam menghandle multiple request. Dengan kata lain, teknik non-blocking ini mengeksekusi proses tanpa harus menunggu proses sebelumnya selesai. Jika dianalogikan seperti sebuah restoran. Dimana pelayan bertugas mencatat pesanan dan menyerahkannya ke koki untuk di masak. Nah, pelayan dapat mencatat pesanan yang lain tanpa harus menunggu pesanan pertama selesai dimasak oleh koki. Jadi kira-kira seperti itulah metode non-blocking yang digunakan oleh node.js.

 

Lalu pengetahuan apa yang harus saya miliki untuk belajar node.js?

 

Hmm..,dikarenakan node.js adalah platform berbasis javascript, jadi pengetahuan javascript sangat dibutuhkan untuk belajar node.js. jika teman-teman sudah familiar dengan javascript, artinya secara konsep 40-50 persen sudah bisa, tinggal mengikuti aturan-aturan penulisan kode program dari node.js. Nah, bagi teman-teman yang tidak familiar dengan javascript, jangan khawatir karena di tutorial berikunya saya akan review tentang dasar-dasar pemrograman javascript. Jadi, cek terus mfikri.com ya!

 

OK, saya rasa cukup untuk pengenalan node.js, sekarang kita masuk ketahap instalasi dari node.js.

 

1. Download node.js di official websitenya yaitu https://nodejs.org/

 

Silahkan download sesuai dengan Operating System (OS) yang Anda gunakan. Biasanya https://nodejs.org/ akan mengenal otomatis OS yang Anda gunakan, jadi anda bisa langsung klik tombol download.

 

2. Instalasi Node.js

 

 

Setelah download silahkan install nodejs di komputer Anda!.

Bagaimana cara instalnya?

Cara instalnya seperti biasa, tidak macam-macam tinggal double klik pada node-v7.9.0-x64.msi. kemudian next, next saja sampai finish.

 

3. Cek instalasi

 

 

Untuk mengecek apakah instalasi berhasil, silahkan buka Command Prompt. Dengan cara Ctrl+R kemudian ketikan cmd, maka akan tampil jendela command prompt-nya.

Setelah tampil jendela command prompt, ketikan perintah:

 

node –v

Lalu enter, jika berhasil maka akan tampil versi dari node.js yang digunakan seperti berikut:

v7.9.0

 

Setelah itu, cek juga npm-nya. Apa itu npm?. Hmm.,npm merupakan package manager-nya node.js. Kalau di PHP itu ada namanya Composer sebagai package manager-nya.

Untuk mengecek npm silahkan ketikan perintah berikut pada command prompt:

 

npm -v    

Lalu enter, jika berhasil maka akan tampil versi dari npm yang digunakan seperti berikut:

 

4.2.0

Sampai disini, sebenarnya instalasi node.js telah berhasil. Tetapi untuk lebih meyakinkan, mari kita buat sebuah aplikasi sederhanya dengan menampilkan “hello world”.

 

Pertama buat sebuah folder baru dengan nama nodejs. Disini saya membuatnya di my documents.

Kemudian, buat file javascript dengan nama app.js dan letakkan didalam folder nodejs yang tadi dibuat.

Buka file app.js dengan texteditor seperti sublimetext, notepad, nodepad++, atau lainnya. Kemudian ketikan perintah berikut:

 

console.log('Hello World');

Lalu save (Ctrl+S). Kemudian kembali ke Command Prompt dan panggil app.js. untuk memanggilnya Anda harus berada pada directory my documents/nodejs/. Jika belum, change directory-nya dengan perintah berikut:

 

cd my documents/nodejs

sehingga terlihat seperti ini di command prompt Anda:

C:Users\M Fikri\My Documents\nodejs>

Nah jika sudah seperti ini. Silahkan jalankan app.js dengan perintah berikut:

C:Users\M Fikri\My Documents\nodejs>node app.js

Jika berhasil maka akan terlihat hasilnya seperti berikut pada command prompt Anda:

 

Hello World

 

Ok, Sekian dulu tutorial tentang Pengenalan dan Instalasi Node.js. Jika Anda merasa tutorial bermafaat bagi anda silahkan share siapa tahu tutorial ini bermanfaat juga untuk teman anda.

Share:





Komentar (0)

Leave a Comment